Istilah-Istilah di Dunia Maya

Unknown Friday, March 9, 2012
     Terdapat beberapa istilah yang mungkin tidak asing lagi buat kita karena kata-kata tersebut sudah sangat sering terdengar di dalam sebuah percakapan. Namun untuk lebih memahaminya dapat membaca di dalam bahasan berikut ini:

Hacker
Hacker merupakan penyusup antarkomputer atau website dengan memanfaatkan dengan memanfaatkan fasilitas security hole yang lemah pada website tersebut. Hacker yang baik (tidak merusak) terkadang juga berguna untuk memberikan informasi mengenai kelemahan sebuah sistem security yang telah digunakan.

Cracker
Craker merupakan pemecah kode sistem proteksi sebuat software, misalnya seperti membuat crack serial number atau melakukan suatu cara yang tidak lazim untuk dapat menggunakan lisensi program.

Boom Email
Boom Email merupakan sebuah teknik yang dilakukan oleh seorang hacker untuk menyerang email dengan jutaan maupun milyaran pesan pada inbox, sehingga di luar kapasitas daya tampung email tersebut.

Worm
Worm merupakan jenis virus yang masuk pada sebuah sistem komputer dan berkembang dengan menggunakan aplikasi yang menetap di dalam memory. Worm menjalar secara diam-diam di dalam sistem komputer dan sangat sulit dideteksi karena tidak berbentuk file. Namun biasanya komputer yang terjangkit virus ini akan terasa lambat ketika menjalankan sebuah program karena space memori diambill sebagian oleh worm tersebut.

Trojan
Trojan merupakan kategori virus, yang bekerja mengumpulka data-data informasi di dalam komputer untuk dikirimkan ke pemilik trojan tersebut secara online. Terdapat juga beberapa crack software yang dapat dikategorikan trojan karena secara sistem kerjanya sama.

Encrypt
Encrypt atau enkripsi merupakan teknik yang dilakukan untuk mengacak kata sandi data sehingga menyulitkan orang yang tidak berkepentingan untuk mengaksesnya. Teknik yang digunakan biasanya berupa bantuan tool.

Decryption
Decryption atau deskripsi merupakan kebalikan dari enkripsi, berfungsi untuk mendeteksi password yang telah dienkripsi sehingga dapat dijebol. Teknik yang digunakan biasanya juga berupa bantuan tool.

Firewall
Firewall merupakan sebuah metode yang digunakan untuk melindungi sebuah sistem pada komputer ataupun pada sistem jaringan yang lebih luas. Firewall berfungsi mengontrol pengiriman keluar/masuk data pada sebuah komputer. Firewall dapat membatasi/menghalangi data yang dikirim dari alamat jaringan tertentu, pertukaran data antar-PC serta menolak paket yang mencurigakan. Namun terkadang permainan game secara multiplayer juga akan diblokir.

Ping of Death
Ping of Death hampir sama seperti boom email, namun yang di sini yang diserang bukan email melainkan adalah komputer. Teknik yang digunakan adalah dengan mengirimkan data dengan file berukuran besar sehingga menyebabkan komputer menjadi hang.

Spam
Spam merupakan email-email yang dikategorikan sebagai sampah. Biasanya isinya berupa iklan-iklan, informasi komersial, dan hal-hal lain yang seperti iklan situs porno. Terdapat satu jenis spam yang tergolong sangat berbahaya, dimana teknik yang digunakan adalah ketika membuka message dari email tersebut, kemudian diberikan sebuah link untuk dikunjungi.
Biasanya website dibuat familiar seolah-olah seperti komfirmasi email dan sebagainya, padahal ini hanya tampilannya saja. Ketika Anda mengakses alamat tersebut secara otomatis semua data penting, seperti user dan password email Anda akan dikirim ke pemilik email tersebut.

Network Scanning
Network Scanning merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk melakukan scanning pada sebuah jaringan. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan data IP, Port, File data yang keluar masuk melalui jaringan serta merekam aktivitas internet browsing.

Phising
Phising merupakan sebuah bentuk penipuan yang dilakukan lewat internet. Biasanya ditandai dengan permintaan informasi penting login, internet banking, data kartu kredit serta informasi penting lainnya.

Web Defacing
Web Defacing merupakan kegiatan hacking dimana merusak atau menggantikan tampian sebuah website dengan layar yang lain. Hal ini memungkinkan dilakukan karena tingkat security yang dimiliki website tersebut tergolong rendah.

Web Spoofing
Web Spoofing merupakan sebuah penipuan yang dilakukan dengan cara membuat sebuah domain palsu yang menyerupai seperti domain yang asli, sehingga ketika seorang user mengakses website tersebut, dia mengira sedang mengakses website yang sebenarnya.

Script Kiddies
Script Kiddies merupakan sebuah gelar yang dinobatkan kepada seorang hacket atau cracker yang suka melakukan hacking atau cracking menggunakan toll, script, dan software-software yang dibuat oleh orang lain.
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment