Polinomial Linked List

Unknown Monday, April 2, 2012
Salah satu bentuk struktur data yang berisi kumpulan data yang tersusun secara sekuensial, saling bersambungan, dinamis dan terbatas adalah senarai berkait (linked list). Suatu senarai berkait (linked list) adalah suatu simpul (node) yang dikaitkan dengan simpul yang lain dalam suatu urutan tertentu. Suatu simpul dapat berbentuk suatu struktur atau class. Simpul harus mempunyai satu atau lebih elemen struktur atau class yang berisi data.
Secara teori, link list adalah sejumlah node yang dihubungkan secara linier dengan bantuan pointer. Dikatakan single linked apabila hanya ada satu pointer yang menghubungkan setiap node.
Perhitungan aritmetika polinomial dengan menggunakan komputer akan menjamin kecepatan dan ketepatan hasil yang diperoleh, dengan terlebih dahuhr-mendefinisikan suatu Tipe Data abstrak (TDA) Polinomial. Pemilihan struktur data yang tepat untuk menyajikan polinomial dimaksudkan agar diperoleh suatu program yang baik, yaitu dengan menggunakan linked list.
Dalam linked list setiap suku dari polinomial adalah suatu simpul yang berupa record yang terdiri atas field koefisien, pangkat dan pointer yang menunjuk ke simpul (suku) berikutnya. Implementasi TDA Polinomial dilakukan dengan cara menyajikan polinomial dengan linked list dan mengkodekan setiap operasi yang didefinisikan dalam TDA Polinomial ke dalam program dalam bentuk prosedur atau fungsi.
Header link list kerap kali dipergunakan untuk menyimpan polynomial dalam memory. Di sini simpul header selalu merupakan bagian penting dalam penyajian, Karena ia dibutuhkan untuk menyajikan polynomial nol.
Selain menggunakan linked list. Pertimbangkan dua polinomial f (x) dan g (x), yang dapat diwakili menggunakan linked list sebagai berikut pada Gambar. 5,22. Kedua polinomial dapat ditambahkan dengan h(x)= f(x)+ g(x)= mx 4+(a + n) x 3+ ox 2+(b + p)x +(c + q) yaitu; menambahkan konstanta dari polinomial yang sesuai dari eksponensial sama. h (x) dapat direpresentasikan sebagai pada gambar Berikut ini…..
f(x) = ax3 + bx + c
g(x) = mx4 + nx3 + ox2 + px + q




Kedua polynomial dapat ditambahkan dengan
H(x) = f(x) + g(x) = ax3 + bx + c + mx4 + nx3 + ox2 + px + q
= mx4 + (a + n) x3 + ox2 +(b + p)x + (c +q)
Yaitu menambahkan konstanta dari polynomial yang sesuai dari eksponensial sama.
Hasil dari H(x) dapat di jabarkan seperti gambar berikut:

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 comment: